Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Bismillahirrohmanirrohim

Sakit adalah kondisi tubuh yang terkena penyakit sehingga lemah. Sedangkan sehat merupakan keadaan tidak terkena penyakit sehingga bisa melakukan aktifitas dengan baik. Dengan badan yang sehat tentunya akan memudahkan sobat untuk melakukan berbagai pekerjaan secara cepat dan baik. 

Berbeda dengan orang yang sakit dimana maunya berbaring terus ditempat tidur dan tidur...

Jadi bagi kamu yang sukanya tidur dan malas-malasan ditempat tidur sepanjang hari itu menunjukan dan menandakan bahwa sobat sedang sakit. Entah sakit apa sih.

Sebaliknya, meskipun sobat merasa kurang sehat namun bekerja seperti biasanya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan melakukan hal yang lebih bermanfaat itu menunjukan bahwa sobat sedang sehat. Yah padahal sedang sakit.

 “ketika kaki seseorang sedang sakit karena terkena duri yang menancap kedalam, seseorang tersebut meminta orang lain untuk mencabut dan membersihkannya. Rasa sakit pasti terasa. Namun dengan mengalihkan pikirannya pada bermain game atau apapun yang Dia suka meski orang lain sedang mengoperasinya, mengorek-ngorek dan sejenisnya,  Dia biasa saja.” Kata orang tua jaman 
dulu.

Konsentrasi nontonnya, itu yang biasa orang tua saya bilang ketika beliau sedang mengobati luka-luka fisik saya. Dan terbukti memang dengan mengalihkan pikiran pada hal lain dan tidak memikirkan rasa sakit akan membuat kita biasa-biasa saja.

Jadi, pada intinya, mainkalah pikiran. Jika sobat merasa sakit sedikit saja namun dipikirkan dan beraktifitas seperti orang sakit akan membuat sobat malah semakin sakit. Itu sugesti. Namun bila sedang sakit tetapi berpikir bahwa diri sedang sehat dan melawannya dengan berpikir positif dan melakukan hal yang biasanya, justru itu akan membuat sobat sehat-sehat saja.

Ini yang dimaksud dengan Konsentrasi pikiran
Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan makanan sehat belum tentu membuat kita tidak mudah terkena penyakit, mungkin juga sih namun hanya beberapa persen saja. Ini bisa dibuktikan dengan kondisi-kondisi orang-orang pedalaman hutan. Mereka tidak mementingkan asupan nutrisi seimbang, yang bisa disantap pasti 
Mereka makan, meskipun itu daging bangkai dan daging mentah.

Dedaunan pun mereka makan. Kehujanan, kedinginan dimalam hari, kepanasan dan terkena trik matahari di siang hari, itulah keseharian Mereka. Tapi toh mereka sehat-sehat saja. Bahkan mungkin lebih sehat dari kita dimana postur tubuh mereka lebih gempal dan kuat.

Berbanding terbalik dengan kita, orang-orang biasa, kedinginan sedikit saja sakit, kepanasan sedikit sakit, kecapean sedikit sakit, kerja terus sakit, kepukul sedikit sakit, bahkan ketiup sedikit saja sakit.... (hah)...

Selain karena Faktor pikiran, daya tahan tubuh mereka sangat kuat
Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Daya tahan tubuh atau sering juga disebut sistem imun. Sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan kuman, bakteri serta berbagai penyebab penyakit lainnya. Penyakit akan mudah sekali menyerang orang yang memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh yang sedang menurun.

Lalu kita harus apa donk untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Apa harus pergi kehutan dan makan daging mentah? Atau harus panasan-panasan disiang hari?

Jawabannya Tidak,

,,, tidak perlu melakukan hal-hal yang terlalu ektrim seperti itu karena tubuh kita sudah tidak didesain untuk bertahan hidup dipedalaman hutan. Kita hanya perlu melakukan beberapa tips sederhanan dan bisa dilakukan sekarang juga demi meningkatkan daya tahan tubuh ini. yaitu :

Berolahraga dengan teratur
Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Olahraga adalah cara terbaik agar sobat mendapat daya tahan tubuh yang baik. Cuma banyak orang malas untuk melakukannya. Padahal manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, dengan berolahraga, akan membuat tidurmu lebih nyenyak.

Sobat juga bisa aktif berjalan kaki. Aktif berjalan kaki sangat membantu dalam menjaga kebugaran dan kesehatan badan. Sehat dan fit sepanjang hari. Membuat perubahan cuaca tidak akan berpengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuh sobat.

Istirahat yang cukup
Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Sebagai manusia biasa, (kita mah apa atuh), sebanyak 4 dari 10 orang sudah memulai tanda dan gejala akan jatuh sakit setelah 3 hari berturut-turut kurang Istirahat. Layaknya sebuah mesin, organ-organ tubuh manusia harus diistirahatkan. Penuhi kebutuhan istirahat dan tidur harian normal sebanyak 6-8 jam sehari bagi orang dewasa.

Jagalah kebersihan diri dan lingkungan sekitar
Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Kebersihan merupakan faktor yang paling berhubungan dengan daya tahan tubuh dan penyebab penyakit. Sebagai manusia biasa, madi dengan teratur, cuci tangan sebelum makan dan memberishkan lingkungan sekitar misalnya rumah, kamar dan halaman rumah bisa dilakukan demi menjaga diri dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Menghentikan kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan tidak sehat seperti merok*k jelas sangat berbahaya bagi kesehatan. Menurunkan daya tahan tubuh serta mengundang berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung hipertensi dan berbagai jenis kanker.

Perbanyak makan-makanan sehat
Tips Agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin dan mineral penting lain merupakan makanan yang sehat dan berguna bagi tubuh. Sistem imunitas tubuh tetao terjaga apa lagi seperti zink dan kandungan vitamin C yang terdapat pada buah-buahan sangat berfungsi untuk menangkal radikal ebbas dan menjaga tubuh agar tetap sehat, juga membantu memperkuat sistem imun tubuh yang sobat miliki.

5 Tips diatas bisa sobat lakukan pada hari-hari yang sobat lalui.

Selain dari 5 tips yang telah direkomendasikan oleh ahli untuk meningkatkan daya tahan tubuh diatas, ada satu tips luar biasa agar tubuh tidak mudah sakit dan kuat. Yaitu pola hidup sehat. Dengan menjalani pola hidup sehat, orang-orang yang menjalankan amat jarang sekali sakit.

Bahkan orang terbaik menjalani pola hidup sehat hanya sakit 2 kali yaitu pada saat dirinya diracun dan pada saat menjelang wafatnya. Siapakah dirinya dan pola hidup bagaimana yang beliau lakukan sehingga membuat dirinya  nyaris tidak pernah sakit.



Itulah tips agar tidak mudah sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Demikian pemahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan. Karena kesalahan mutlak pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT.

Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »