cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

bismillahirrohmanirrohim

yang Harus sobat ketahui, Kolesterol bukanlah penyakit. Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi tubuh. Ingat, sangat penting. Secara alami kolesterol terdapat didalam dinding sel atau selaput dimana-mana didalam tubuh kita. Termasuk diantaranya : otak, otot, saraf, hati, usus, kulit, dan jantung.

Fungsi penting kolesterol

Kolesterol sendiri memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh, antaranya sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk, membantu produksi empedu, membangun produksi hromon dan terlibat dalam produksi hormon seks.

”Jadi kolesterol sobat harus tahu bahwa kolesrol itu dibutuhkan tubuh.”


Lalu kenapa banyak orang yang takut kolesterol?

Perlu sobat ketahui bahwa kolesterol terdapat 2 jenis. Yaitu HDL dan LDL.

HDL (High Density Lipoprotein) merupakan kolesterol baik yang tidak mengakibatkan terjadinya endapan pada arteri dan berfungsi mencegah adanya plak pada dinding pembuluh darah sobat.

Sementara itu, LDL (LOW Density Lipoprotein) merupakan kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan adanya pengendapatan pada arteri, inilah salah satu yang memicu timbulnya penyakit jantung atau stroke
cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

Dan Sebenarnya yang ditakutkan orang-orang adalah kadar kolesterol terlalu tinggi, yang tinggi, sama seperti darah jika terlalu tinggi akan sangat berbahaya, begitupun kolesterol.

kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol  dalam darah yang melebih batas kadar yang normal.  Kondisi kolesterol  tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa kolesterol  bukanlah penyakit tetapi dapat menimbulkan penyakit.

Penyakit yang mengintai penderita kolesterol  tinggi atau hiperkolesterolemia biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebih pada pembuluh darah, kerusakan pada pembuluh darah, penyempitan arteri, resiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Cukup banyak bukan penyakit yang akan timbul bila sobat telah menderita kolesterol yang tinggi. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah solusi untuk mengatasi kadar kolesterol yang sudah terlanjur tinggi. Takut, bingung pasti dialami oleh orang yang sudah mendapat kolesterol tinggi

Apa penyebab kolesterol menjadi tinggi?

Setidaknya ada 2 faktor utama penyebab kolesterol menjadi tinggi. yaitu : pola makanan dan aktifitas sehari-hari

Pola makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan kadar kolesterol menjadi meningkat, misalnya sobat yang terlalu berlebihan memakan makanan yang mengandung banyak sekali minyak jenuh. Selain itu cara makan yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab kadar kolesterol meningkat.

Agar lebih paham, silahkan dibaca : 20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih

Aktifitas sehari-hari berupa bekerja, tidur dan berolahraga yang tepat dan sehat adalah kunci agar terhindar dari kolesterol tinggi. Dengan berolahraga dan tidak bermalas-malasan membuat badan sobat melakukan pembakaran dan bisa menghabiskan lemak yang berlebih.

Agar lebih jelas, silahkan baca : menjalani hidup sehat demi masa depan yang cerah

Bagi sobat yang sudah terlanjur mengalami kolesterol tinggi, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi.

Jika sobat menderita kolesterol tinggi sebaiknya segera atasi dengan menurunkan kolesterol secara alami. Karena meskipun ada obat yang dapat menurunkan kolesterol namun banyak pihak tidak merekomondasikannya karena kurang efektif dan bisa dibilang sia-sia belaka.

Cara paling baik untuk mengatasi kolesterol tinggi tentunya 2 faktor yang telah saya sebutkan diatas. Yaitu faktor makanan dan aktifitas sehari-hari.

Berikut saya coba uraikan beberapa cara alami menurunkan kadar kolesterol :

1 .. Mengubah pola makan
cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

Jika sobat megalami kebiasaan pola makan yang tidak sehat dan hasilnya menghasikan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh, maka mengubah pola makan menjadi pola makan sehat adalah solusi terbaiknya. Konsumsilah makanan-makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Kurangi juga mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh antaranya diging, usus, maksud saya susu, mentega, keju dan makanan berminyak lain.

Gunakan juga telapak tanfan sebagai pengontrol porsi makanan

Setiap kali ingin makan, gunakan telapak tangan untuk mengatur porsi makan. Satu porsi ikan yang akan sobat makan haurs pas dengan ukuran telapak tangan sobat. Begitupun dengan porsi makanan lain, baik itu sayuran atau buah-buahan.

2 .. Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin
cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

Olahraga menjadi satu hal yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol, sobat dapat melakukan olahraga kardio seperti jogging, lari ditempat dan olahraga ringa lainnya. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, berolahraga rutin juga dapat menjaga kesehatan sobat

3 .. Memperbanyak konsumsi buah-buahan apalagi buah-buahan yang mengandung fitosterol

Memperbanyak memakan buah-buahan dapat dengan baik menurunkan kolesterol tinggi, bisa juga menjadi makanan alternatif untuk menghindari makanan berlemak. Buah-buahan yang baik adalah buah-buahan yang mengandung fitosterol. Buah yang mengandung fitosterol mengandung serat, dimana kandungan serat ini mampu mempercepat penyerapan kolesterol dalam usus. Sobat dapat menemukan fitosteral pada buah anggur, kedelai, kacang tanah, apel, dan melon.

4 .. Mengkonsumsi sayuran-sayuran yang mengandung banyak fitosterol
cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

Zat fitosterol juga dapat ditemukan pada sayuran. Sayuran-sayuran yang mengandung fitosterol adalah : buncis, brokoli, dan kembang kol.

5 .. Asupi tubuh dengan Vitamin B3

Untuk saran satu ini adalah saran yang tidak menggunakan bahan alami. Ini adalah tips kedokteran
Vitamin B3 atau lebih dikenal dengan nama Niasin mampu menurunkan kolesterol LDL dan lemak yang dapat mengancam kesehatan apabila berkadar tingg (trigliserida). Hal ini bersamaan dengan kemampuan niasan dalam meningkatkan produksi HDL. Sobat membutuhkan satu atau dua tablet supeleman vitamin B3 dalam sehari

Tapi ingat, jangan Berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin B3 dapat meningkatkan risiko asam urat dan masalah hati. Orang yang hidup dengan diabetes tipe 2 juga lebih harus gula dalam darah (glukosa). Solusi terbaiknya sobat harus temui dokter yang bisa memberikan pengawasan terhadap apa yang akan sobat lakukan.

6 .. Minyak ikan (lovaza)
cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

Nama Lovaza mungkin masih asing, karena itu sobat bisa menyamakan istilah tersebut dengan minyak ikan atau kapsul minyak ikan. Mengkonsumsi minyak ikan yang memberikan asam lemak omega-3 sehat pada tubuh sangat membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol, dalam artian jumlah atau dosis terkonsentrasi

Tapi ingat, Penggunaan kapsul minyak ikan yang salah dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti sakit perut, sendawa, flu, dan perubahan pada indra pengecapan rasa. Untuk menghidarinya, sobat harus konsultasikan dulu pada dokter apakah cara menurunkan kolesterol tinggi tepat bagi sobat.

7 .. Perbanyak atau gantikan makanan dengan makanan laut

Ini alasan kenapa Nabi SAW menghalalkan semua makanan yang ada dilaut. Tetapi ingat, ada juga makanan yang kurang baik bagi pengidap kolesterol tinggi. Maka dari itu, sobat harus tahu jenis makanan laut yang menyehatkan jantung.

Makanan yang meyehatkan jantung adalah kawanan ikan yang kaya akan lemak sesensial omega-3 dan rendah lemak jenuh. Asam lemak omega-3 dibutuhkan tubuh untuk membantu menguras trigliserida, kolesterol secara total, dan LDL kolesterol.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi makanan ini adalah dengan cara diuap, dibakar, atau dipanggang. Jangan digorng dengan minyak karena jika sudah masuk ketubuh, lemak yang dikandung sudah menjadi jahat.

8 .. Bagi sobat yang yang suka ngemil, ganti cemilah dengan kacang adalah solusi baik

Beberapa jenis kacang-kacangna tergolong dalam makanan penurun kolesterol tinggi, terutama yang tinggi lemak tak jenuh tunggal dan tidak menyatu pada cokelat. Kacang walnut adalah solusinya.

9 .. Bagi yang suka belanja, lihat label kemasan
cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

Ketika membeli makanan yan sobat anggap menyehatkan, coba cermati bagian belakang kemasan. Lehat tulisan info gizi pada produk makanan yang akan sobat beli. Jika tertulis “kolesterol 0 gram”, bukan berarti makanan tersebut sehat sepenuhnya. Harus sobat ketahui, meningkatnya kolesterol LDL juga bisa dipengaruhi oleh lemak yang tidak sehat.

itulah cara cepat dan tepat mengatasi kolesterol tinggi setelah mengetahui gejala awal kolesterol tinggi

kesimpulan

Sobat hanya perlu memperbaiki pola makan, mengurangi asupan makanan berlemak jenuh, mengehntikan kebiasaan burk yang dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, memperbanyak kegiatan postif dan cukup istirahat.


demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat, mohon maaf bila banyak kesalahan karena kesalahan mutlak ada pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT. Kembali badanya adalah satu-satunya jalan menunju kebenaran juga kemenangan yang hakiki.

Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »