Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda

Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda

Bismillahirrohmanirrohim

Salah satu manfaat terbesar dari ribuan manfaat buah naga jika dikonsumsi secara rutin adalah menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermnafaat bagi tubuh. Memang bukan suatu ilmu yang baru-baru ini ditemukan. Semua orang tahu bahwa buah-buahan baik untuk kesehatan tubuh. Tentu buah naga termasuk didalamnya.

Sebelum lebih lanjut tentang buah naga ini, mari kita berkenalan dengan buah naga.

Hay saya buah naga kamu siapa?

Bukan seperti itu yah!

Buah naga merupakan buah yang akhir-akhir ini cukup populer di Indonesia. Buah naga memiliki penampilan yang menarik dan unik. Kulit buah naga yang berwarna merah muda itu dilengkapi juga dengan daun-daun yang terlihat seperti duri-duri pada buah durian.
Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda

Buah ini berasal dari wilayah amerika tengah dan selatan. Kemudian berkembang hingga ke negara-negara Asia termasuk asia tenggara dan juga Indonesia.

Buah naga sendiri terdiri dari beberapa jenis yang berbeda baik dalam hal dagingnya, ataupun warna kulitnya. Salah satu jenis buah naga adalah buah naga Hylocereus Costaricensis. Buah ini merupakan salah satu jenis buah naga dengan warna kulit yang berwarna merah muda dan dagingnya berwara merah sangat terang.

Ada juga buah naga Hylocereus Polyrhizus. Buah naga ini merupakan salah satu jenis yang memiliki warna kulit dengan warna merah muda dan dagingnya memiliki warna merah yang tidak terlalu terang.

Dan jenis-jenis buah naga lainnya.

Sebelum sobat mengetahui berbagai manfaat, alangkah lebih baik jika sobat mengetahui terlebih dahulu Nutrisi apa saja yang terkandung dalam buah naga. Nutrisi yang terdapat pada buah naga sangat luar biasa dan dapat memnuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh.

Setidaknya dalam sebutir buah naga (100 gram) terdapat lebih dari 20 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu :

87 gram air, buah naga ini memang mengandung banyak sekali air seperti halnya tumbuhan trofis lain
1.1   gram protein
0.4 Gram lemak
11 gram karbohidrat
0.71 gram serat
0.04 gram vitamin B1
0.05 mili gram Vitamin B2
0.16 mili gram vitamin B3
20.5 mili gram Vitamin C
8.5 mili gram kalsium kandungan yang 3 kali lebih banyak dari wortel
0.16 mili gram Zat Besi

Sumber kandungan nutrisi dari manfaat.co.id

Baik, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah naga bagi kesehatan

1 Menurunkan berat badan
Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan memakan makanan yang kaya akan serat serta rendah kalori. Salah satu makanan yang rendah kalori dan kaya akan serat adalah buah naga. Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

2 Membantu penyembuhan batuk dan asma
Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda

Buah naga dapat mambantu penyembuhan batuk dan asma yang serin mengganggu pernafasan dengan meringankan efek dari batuk dan asma tersebut. Oleh sebab itu, penderita asma sangat diosarankan untuk mencoba mengkonsumsi buah naga.

3 Menghilangkan jerawat

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa salah satu kandungan buah naga yang paling dominan adalah Vitamin. Vitamin pada buah naga tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dan tentu dapat menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Nah, bagi sobat yang memiliki masalah jerawat, boleh mencoba menggunaan masker dari buah naga untuk menghilang jerawat pada kulit wajah sobat.

4 Menurunkan jumlah kolesterol

Buah naga sangatlah ampuh menurunkan kadar Kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung Vitamin B3 yang cukup tinggi sehingga penderita sangatlah disarankan untuk mencobanya.

5 Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia saat ini. kenytaan bahwa penyakit kanker belum ada cara penyembuhannya, membuat banyak orang sangat hati-hati serta menjaga kesehatan untuk tidak terkenan penyakit berbahaya ini. salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi buah naga.

Buah naga ini mengandung antioksidan phytoalbumi yang sangat banyak jumlahnya. Senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang menceha sel-sel kanker berkembang dalam tubuh.

6 Mencegah diabetes Melitus (DM)

Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda
Bagi sobat yang belum mengenal penyakit ini, Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini, karena pola hidup yang tidak sehat. Buah naga dapat mencegah penyakit DM ini. buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat.

7 Menetralkan tubuh dari racun yang masuk

Buah naga sangat efektif digunakan untuk menetralkan ubuh dari racun yang masik dalam tubuh manusia. Racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah naga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun dala tubuh.

8 Mencegah penuaan dini

Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda
Penuaan dini merupakan efek dari polusi udara yang terpapar pada kulit sehari-hari. Untuk mengatasi polusi uadara yang dihadapi, sebaiknya sobat mengkonsumsi buah naga. Buah naga merupakan buah dengan antioksidan yang tinggi dan tentu dapat mencegah penuaan dini.

9 Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anti oksidan dalam buah naga sangatlah tinggi manfaatnya. Salah satu manfaat yang terkandung didalamnya adalah meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Sehingga konsumsi buah naga dapat mencegah penyakit yang menyerang tubuh sobat.

10 Menjaga kesehatan gigi
Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan anda

Kesehatan gigi bisa didapa dengan kecekupan zat besi dan kalsium dalam tubuh. Buah naga memiliki kendungan zat besi dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Oleh karena itu, konsumsilah buah anga untuk mendapatkan dan menjaga kesehatan gigi sobat.

11 Baik untuk tulang dan darah

Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi itu, buah naga tentu sangat baik untuk pertumbuhan tulang. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen keseluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamni C yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi lebih banyak

12 Menjaga kelembaban kulit

Buah naga memiliki vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Selain itu, buah naga dilengkapi dengan antioksidan sehingga mengkonsumsi buah naga sangatlah bermanfaat bagi kelembaban kulit sobat.

13 Mengobati sariawan

Kita tahu bahwa salah satu nutrisi yang banyak terkandung dalam buah naga adalah Vitamin, termasuk Vitamin C. Tentu sudah banyak yang tahu bahwa sariawan dapat disembuhkan (dengan Izin Allah SWT) dengan mengkonsumsi makanan yang mangandung vitamin C. Maka secara otomatis mengkonsumsi buah naga dapat menghilangkan sariawan pada mulut sobat.

14 Mengurangi kram pada tubuh

Buah naga mengandung fosfor, zat besi dan kalsium. Kandungan berikut sangatlah bermanfaat untuk mengurangi kram pada tubuh sobat. Oleh karena itu konsumsilah buah naga jika sobat sering mengalami kram pada persendian sobat.

15 sumber besar antioksidan dan bagus untuk detoks
16 meningkatkan sistem kekebalan tubuh
17 meningkatkan nafsu makan
18 tekanan darah tinggi dan serangan jantung
19 mencegah peradangan
20 menjaga ion tubuh
21 dapat meningkatkan stamina
22 mencegah kelumpuhan otot
23 baik untuk manula
24 baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
25 dapat menjadi pewarna alami
26 baik menjaga kesehatan syaraf
27 mencegah kerapuhan tulang
28 baik untuk pencernaan bayi diatas 1 tahun
29 menjaga kelancaran sistem peredaran darah
30 baik untuk meningkatkan air susu ibu (ASI)
31 baik untuk mengatasi panas dalam
32 dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang
33 sangat ampuh mangatasi tenggorokan kering
34 mendukung program diet
35 membantu pembentukan sel darah merah (Hemoglobin)
36 membantu pembentukan trombin dan protrombin
37 membantu pembentukan otot
38 penambah tenaga yang sangat efektif
39 memperpanjang usia

Itulah beberapa manfaat dari buah naga. Demikian pemahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan. Karena kesalahan mutlak pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT.


Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »