Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah dan membuat tubuh terasa bugar dan sehat

Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah dan membuat tubuh terasa bugar dan sehat

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu penyakit, atau gangguan yang cukup menggangu aktifitas. Yah, gangguan tersebut dikatakan menggangu karena dapat menurunkan produktifitas pada saat berkegiatan sehari-hari. Namanya lelah.

Jika pada saat-saat tertentu, misalnya setelah berolahraga dan bekerja, rasa lelah akan sangat wajar dialami. Namun, jika tidak malakukan apapun tubuh sudah merasa lemas duluan dan pinginnya tiduran terus itu yang berbahaya. (males loh)

Mata menjadi ingin dipejamkan terus dan tubuh yang tidak bertenaga adalah ciri-ciri orang yang mudah lelah dan mengalami gangguan kesehatan.

Bagi sobat yang mengalami hal demikian dan ingin menghilangkan kebiasaan tersebut karena dirasa sangat tidak produktif dan tidak meyehatkan bisa melakukan beberapa riset dari blog ini yang tentu telah melakukan riset mendalam sebelumnya. (lebay)
Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah

Ada 4 faktor penentu tubuh manusia mudah lelah. Antaranya :

  • Faktor masukan nutrisi dari makanan dan minuman
  • Faktor kebiasaan dalam beristirahat
  • Faktor volume atau frekuensi olahraga
  • Faktor pikiran

Menurut riset dan pemabahasan dari blog kesehatan yang ada diIndonesia yang sebelumnya telah membahas penyebab dan cara mengatasi lelah, ada 4 kesimpulan yang saya ambil bahwa penyebab dan solusi agar tidak mudah lelah pada tubuh dipengaruhi oleh empat faktor diatas.

Jadi bagi sobat yang berniat agar tubuh sobat selalu press dan tidak mudah lelah sobat hanya perlu memperhatikan nutrisi makanan dan minuman. Itu yang pertama dan faktor lainnya. Mudah bukan

Udah selesai. Simpel bukan.
Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah

Nah, ada beberapa pertanyaan kembali yang timbul dalam benak, lalu Nutrisi apa saja yang dapat menecegah dan menghilangkan rasa mudah lelah, cara beristirahat seperti apa yang mampu dan tetap menghindari rasa mudah lelah, olahraga seperti apa, dan fikiran bagaiamana yang mampu mengurangi rasa mudah lelah.

Oleh karena itu, meskipun sobat sudah mendapat solusi mengatasi tubuh mudah lelah, jangan tinggalkan pembahasan ini karena kami juga akan membahas 4 faktor tersebut satu demi satu. InsyaAlloh

Ok

nutrisi dari makanan dan minuman yang menentukan mudah lelah
konsumsi kafein yang tidak dalam kadar sewajarnya

mengkonsumsi kafein dalam dosis yang wajar tentu dapat meningkatkan konsentrasi. Jika sobat sangat sedikit mengkonsumsi kafein tentu akan menyebabkan rasa lelah. Namun, jika sobat mengkonsumsi kafein dengan kadar yang terlalu banyak, berdasarkan penelitian dari beberapa orang juga akan mengakibatkan lelah. Selain itu juga akan timbul gejala-gejala seperti meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kejang.

Sebaiknya, atur pengkonsumsian makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, dan obat-obatan yang mengandung kafein.

Jika sobat sudah terlalu sering mengkonsumsi kafein, sebaiknya kurang perlahan-lahan, misalnya sobat suka minum kopi 4 kali sehari. Maka bisa dikurangi kadarnya jadi 3 kali sehari hingga 1 kali sehari saja.

Kekurangan zat air (dehidrasi)

Kelelahan bisa jadi tanda bahwa sobat sedang kekurangan air. Meskipun sobat bekerja di luar atau berkutat di atas meja, tebuh tetap membutuhkan air. Tanda-tanda orang terkena Hedidrasi sebarnya sangat mudah, yaitu kehausan. Jadi jika sobat mengalami kehausan sebaiknya minum karena itu akan mencegah sobat mudah lelah.

Sebaiknya, minumlah air sepanjang hari sehingga urine berwarna bening terang. Jika sobat mengalami kelelahan cepat-cepat minum air dan beraktifitas kemudian minum air lagi lebih banyak dari pada aktifitas sebelumnya.

Alergi makanan

Menurut riset kedokteran, alargi makanan dapat meyebabkan sobat mengantuk. Cara mengetahuinya cukup mudah, jika kelelahan terjadi disaat setelah makan, mungkin saja sobat mengalami alergi makanna itu.

Jadi, sebaiknya lakukan riset. Cobalah untuk berhenti menyantap salah satu jenis makanan untuk melihat apakah berkoresi meningkatkan kelelahan pada diri sobat.

Memperhatikan porsi makanan

Menambah porsi makanan untuk sarapan pagi sobat. Aktifitas pekerjaan setiap orang tentulah berbeda-beda sesuai dengan nantinya kegiatan apa yang dilakukan. Bagi sobat yang harus mengeluarkan tenaga ektra saat bekerja menambah porsi makanan pada saat sarapan pagi lebih banyak sekaligus bergizi sangatlah dianjurkan.

Kadar nutrisi juga perlu dipertimbangkan

Konsumsi sayuran berdaun hijau. Ingatkah sobat dengan film kartun yang bertokoh utama dan judul yang sama yaitu popay. Seorang popay akan bertambah kuat jika telah memakan sayuran yang bernama bayam. Dan itu benar. Tapi tidak sekuat tenaga popay sih.

Berdasarkan faktanya, bayam memiliki kandungan kalium serta Vitamin B untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

Sebaiknya konsumsilah makanan bernutrisi khususnya sauran hijau. Karena itu akan menambah stamina dan menghindari sobat dalam rasa lemah.
Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah

Ada juga makanan mengandung zat yang dapat menyebabkan sobat mudah lelah. Salah satunya adalah makanan yang mengandung tepung dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Salah satu situs kedokteran terkenal menyarankan untuk mengkonsumsi makanan lebih sering dengan porsi kecil dibanding dengan porsi besar dalam rentang waktu yang berjauhan.

Kebiasaan dalam beristirahat sangatlah menuntukan
Usahakan memaksimalkan waktu tidur
Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah
image by Google.co.id

Pada dasrnya orang dewasa antara 18-40 tahun membutuhkan 7 hingga 8 jam waktu tidur dalam sehari. Kurang tidur sangatlah berakibat pada produktifitas dan kegiatan sobat sehari-harinya. Mudah lelah pasti dan kesehatan juga akan terganggu.

Selain itu, kebanyakan tidur juga membuat sobat menjadi mudah lelah kerena sobat tidak terbiasa bekerja keras dan berkegiatan sehari-hari seperti manusia pada umumnya. Selain itu, kebanyakan tidur akan membuat sobat malas dan kehilangan rasa kerja keras dan membuat hidup menjadi terpuruk dan gagal.

Kualitas tidur juga sangatlah menentukan. Sebaiknya jadikanlah 8 jam waktu tidur sobat sangat berkualitas. Buatlah prioritas waktu tidur dan jadwal teratur untuk jauhkan laptop, ponesl, PDA ketika tidur karena hal itu akan membantu mengurangi gangguan saat tidur.

Gangguan saat tidur

Gangguna saat tidur atau bisa juga disebut dengan sleep apnea merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan bernapas. Setiap sobat mengalami sleep agnea, tanpa disadari akan mengurangi kualitas tidur sobat.

Dan itu menyebabkan sobat masih merasa kurang tidur dan lelah, padahal sudah tidur cukup.

Cara mengatasi ganguan tidur ini sobat disarankan untuk menurunkan berat badan bagi sobat yang kegemukan. Berhenti merokok, dan cobalah tidur dengan alat bantu yang disebut CPAP yang akan menjaga kualitas tidur sobat dan menjaga napas sepanajang malam

Tidur siang yang tidak berlebihan

Tidur siang atau bisa dikatakan istirahat dengan menghilangkan ebban pikiran sebentar saja, misalnya ¼ jam hingga ½ jam disiang hari akan membuat sobat lebih pres dan akan lebih bertenaga dalam beraktifitas

Penempatan waktu tidur

Usahakan atur jadwal waktu tidur dan biasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama seiap hari. Sehingga tubuh sobat memiliki jam biologis yang terjadwal. Memasang alarm sangatlah dianjurkan pada fenomena ini. jangan terlalu malam dan bangun jangan terlalu siang. Sebaiknya sobat bangun sebelum matahari terbit misalnya jam 4 dan jika ada waktu sebaiknya shalat malam karena itu akan mendekatkan dirimu pada tuhanmu.

Frekuensi olahraga harus diperhatikan

Banyak orang yang mengalami kelalahan pada saat berolahraga jadi mereka yang tdaik ingin tubuhnya merasa lelah tidak berolahraga. Padahal olahraga yang teratur sangatlah membantu sobat mendapakan stamina dan kekuatan pada saat kegiatan sehari-hari

Bahkan, untuk sebagian orang, berolahraga mampu meningkatkan kualitas tidurnya. Berolahraga minimal 2 setengah jam dalam satu minggu adalah durasi yang dianjurkan untuk menjaga kebugaragn tubuh.
Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah

Kata orang tua jaman dulu atau kolot baheula dama bahasa sunda, usahakan keluar keringan dalam sehari karena itu menyehatkan. Olahraga ringan yang dapat sobat lakukan dipagi hari bisa dengan melakukan jalan kaki dari rumah keteempat kerja. Manfaat lain dari olahraga dipagi hari adalah memperlancar aliran darah pada seluruh bagian tubuh.

Pikiran akan memimpin seluruh tubuh dalam segala aktifitas
Depresi

 Sebagai dari sobat berfikir bahwa depresi hanyalah gangguan emosi. Namun, ternyata halini juga berhubungan dengan gejala fisik. Yaitu kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Untuk masalah ini, sebaiknya berkonsultasi keahli (Dokter)

Terlalu banyak fikiran

Selain tubuh yang membutuhkan energi untuk bergerak. Otak juga membutuhkan lebih banyak energi untuk berfikir. Karena kehabisan energi dan asumsi makanan, tubuh akan merasa lelah. Ambil waktu untuk menghilangakn ebban pikiran seperti melakukan aktifitas yang menenagkan dan menyenangkan. Bermain musik, membaca, dan mengobrol dengan teman-teman bisa membantu sobat dalam mengurangi beban pikiran.

Keempat faktor diatas adalah faktor yang mengakibatak kelelahan bagi manusia normal. Berbeda lagi bagi sobat yang (mohon maaf) berpenyakit.

Penyakit yang dapat membuat sobat keleahan antara lain :

Anemia, Hypothjyroidism, infeksi salurah kemih, diabetes, penyakit jantung, fibromyalgia dan CFS

Jika sobat sudah mempraktekan agenda kegiatan sehari-hari dengan sehat dengan membaca tips diatas namun masih merasakan kelelahan berbulan-bulan sebaiknya periksakan diri kedokter.
Itulah pembahasan tentang Cara ampuh Mencegah dan menghilangkan tubuh mudah lelah sehingga tubuh terasa bugar dan sehat

Kesimpulan
Untuk menjaga diri dari rasa lelah melanda, sebaiknya perhatikan 4 faktor yaitu nutrisi makanan, proses waktu istirahat, olahraga dan fikiran. 

Demikian pemahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan. Karena kesalahan mutlak pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
July 23, 2017 at 6:51 AM delete

Oh jadi ini toh yg bikin aku cape terus...
Makasih ya infonya :)

Reply
avatar