10 Cara terbaik mengatasi Telinga berdengung atau Tinnitus sesuai riset kedokteran

10 Cara terbaik mengatasi Telinga berdengung atau Tinnitus sesuai riset kedokteran

Bismillahirrohmanirrohim

Hal pertama dan yang paling baik efektif dan efisien sobat lakukan untuk mengatasi telinga berdengung atau dalam bahasa kedokerannya disebut Tinnitus adalah dengan  meniup telinga. Hal ini dilakukan Jika dengungan telinga mendadak, misalnya ketika telah terjadi ledakan, dan telinga sobat terasa berdengung dengan kencang, solusi terbaik adalah meniupnya.

Mintalah bantuan pada teman sobat untuk meniupkan udara pada telinga sobat.

Tapi,

Lalu bagaimana jika tidak ada orang disekitar sobat?

Untuk mengatasinya, sobat dapat melakukannya sendiri dengan cara meniupkan angin kebagian tangan yang sudah dikepalkan sebelumnya, sisakan rongga kosong untuk penampungan udara dilengan sobat tersebut. Selanjutnya tempelkan kepalan tangan tersebut pada telinga yang mendengung tadi.

Cara ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang dan cara ini termasuk cara efektif untuk meredakan Tinnitus atau dengungan telinga mendadak.

Cara mudah lainnya yang bisa sobat lakukan adalah Mengetuk kepala

Tutup kedua tilinga sobat dengan telapak tangan, dengan posisi jari-jari tangan menghadap kebelakang menempel kebagian belakang kepala sobat, kemudian letakan jari telunjuk diatas jari tengah sobat.
10 Cara terbaik mengatasi Telinga berdengung atau Tinnitus sesuai riset kedokteran

Cara ini biasa dilakukan bila teilinga sobat tidak berhenti berdengung, kemudian ada masalah kecil pada cocglea telinga sobat yang dapat menimbulkan peradangan dan stimulasi saraf. Otak sobat akan menerjemahkan peradangan menjadi dengungan dalam telinga.

Bagaimana? Apakah telinga sobat telah merasa agak meningan?

Atau malah sudah sembuh?

Jika masih belum dan ingin mengetahui cara lain, silahkan simak pembahasan tentang Tinnitus (dengangan telinga) ini dengan seksama

1. Apa itu Tinnitus?

Dalam istilah medis, telinga berdengung atau berdenging disebut sebagai Tinnitus yang mengartikan bahwa suara yang terdengar pada telinga tanpa ada sumber suara dari luar misalnya orang yang berbicara. suara yang dihasilkan dapat berupa berdengung, berdenging, dering, bersiul, , berkicau, mendesis, menderu, hingga yang paling parah menjerit-jerit

2. Terjadinya Tinnitus

Terjaninya Tinnitus atau telinga berdengung diawali dengan Gelombang suara berjalan melalui saluran telinga, menuju ketelinga tengah dan dalam, dimana sel-sel rambut dibagian koklea membantu mengubah gelombang suara menjadi sinyal lsitrik dan kemudian dihantarkan oleh saraf pendengar ke korteks otak.

Ketika sel-sel rambut mangalami kerusakan yang bisa diakibatkan oleh suara keras atau obat-obatan, sirkuit otak tidak menerima sinyal yang diharapkan. Hal ini merangsang aktifitas abnormal di neuron dan menghasilkan ilusi suara atau yang disebut Tinnitus (telinga berdengung)

3. Tinnitus Nonpulsatile dan Tinnitus Pulsatile adalah dua Tipe utama tinnitus.

Tinnitus Nonpulsatile adalah masalah pada saraf pendengaran. Seseorang yang mengalami Tinnitus Nonpulsatile akan tiba-tiba mendengar suara di salah satu atau dua telinga, terkadang juga suara tersebut terdengar dari dalam kepala. Suara yang dihasilkan dapat berupa dengingan

Tinnitus Pulsatile adalah masalah yang disebabkan oleh suara yang berasal dari gerakan otot didekat telinga, perubahan dlam saluran telinga, atau aliran darah diwajah dan leher.

4.Penyebab timbulnya reaksi telinga berdenging, berdengung atau Tinnitus

Penyebab utama dan paling sering terjadi adalah gangguan pendengaran yang terjadi dengan penuaan (presbikusis), sering mendengar suara keras dan bising
Berikut penyebab telinga berdengung :
10 Cara terbaik mengatasi Telinga berdengung atau Tinnitus sesuai riset kedokteran

  • Sering mendengar suara yang keras
  • Sering mendengar suara yang bising
  • Cedera pada teinga bagian dalam setelah menjalani operasi atau tera radiasi di daerah kepala dan leher
  • Perubahan tekanan pada lingkungan yang begitu cepat
  • Gangguan saraf (neurologis), seperti multiple sclerosisi tu migren
  • Obat-obatan
  • Kotoran telinga yang terlalu jarang dibersikan dan menumpuk

  • Infeksi telinga atau gendang telinga bocor
  • Gangguan pada aliran darah (vaskular) seperti aterosklerosis korotid, arteri-vena (AV) malformasi, dan tekanan darah tinggi
  • Infeksi telinga atau pada gendang telinga
  • Meminum minuman beralkohol atau berkafein dalam jumlah berlebihan
  • Masalah pada mulut dan gigi seperti sendi rahang
  • Diet berlebihan sehingga tubuh kekurangan gizi

5. 10 cara terbaik mengatasi telinga berdengung atau tinnitus sesuai dengan riset kedokteran

Berikut adalah cara cara terbaik yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi masalah telinga berdengung atau Tinnitus

Cara 1 .. Meniup Telinga

Cara 2 .. Mengetuk kepala

Sebelumnya, diatas telah dibahas bahwa cara terbaik dan utama dilakukan adalah dengan meniupkan udara pada telinga, dan menutup telinga dengan tangan. Selanjutnya,  ada beberapa cara lain yang dapat sobat lakukan antaranya :

Cara 3 .. gerakan mengetuk

Gerakan mengetuk ini adalah jenikan jari telunjuk sobat kebawah melalui jari tengah hingga menyentuh bagian belakang kepala. Gerakan ini akan menghasilkan suara seperti drum. Teruskan jentikan jari sobat ke belakang kepala hingga 40 sampai 50 kali jentikan.

Apakah tinnitus sobat agak meningan?

Cara 1 2 3 adalah cara paling utama digunakan, jika tinnitus sobat sudah berat, lakukan langkah berikutnya :

Cara 4 .. Berkunjung ke dokter
10 Cara terbaik mengatasi Telinga berdengung atau Tinnitus sesuai riset kedokteran

Mintalah dokter untuk mengeluarkan kotoran ditelingamu. Dan minta untuk diperiksa lebih lanjut dan bertanya apa solusi terbaik dalam hal ini.

Minta juga dokter untuk memeriksa pembuluh darah sobat. Masalah pada pembuluh darah seperti gangguan pada sirkulasi dapat memperparah tilinga berdengung

Cara 5 .. redam suara

Beberapa teknik seperti ini digunakan oleh doker untuk menyamarkan suara dengungan pada telinga. Teknik ini meliputi penggunaan peralatan misalnya menggunakan mesin derau putih. Suara yang biasa dihasilkan oleh mesin ini seperti hujan dan hembusan angin.

Dapat juga menggunakan kipas angin, AC, dan Humidifier

Cara 6 ..  memakan obat-obatan yang dianjurkan

Antidepresan trisiklik cukup efektif untuk mengatasi tinnitus berat, namun mempunyai efek samping yang tidak bisa disepelekan. Seperti mulut kering danpandangan jadi buram

Untuk mengatasi telinga berdengung atau tinnitus berat, sebaiknya lakukan hal-hal yang dapat menghindari tinnitus seperti cara berikutnya :

Cara 7 .. Membersihkan Telinga

Telinga mendengung bisa disebabkan oleh kotoran yang banyak dan menumpuk pada telinga. Bersihkan telinga menggunkan cotton bud dan minyak pembersih untuk menghidari dengungan telinga (Tinnitus)

Cara 8 .. Hindari mengengarkan suara yang terlalu keras

Musik adalah faktor utama yang memancing manusia untuk mendengarkannya dengan keras. Hindari hal tersebut karena dapat menyebabkan dengungan pada telinga.

Jikapun terpaksa bergelup pada lingkungan bersuara keras, misalnya dipabrik-pabrik, dapat menggunakan penutup telinga supaya suara keras tidak masuk secara langsung pada telinga

Cara 9 .. Istirahat yang cukup
10 Cara terbaik mengatasi Telinga berdengung atau Tinnitus sesuai riset kedokteran

Kurang istirahat dapat memicu terjadinya dengungan pada telinga. Hindari juga mengkonsumsi minuman beralkohol dan rokok, sebab dapat memperparah gangguan pada telinga

Cara 10 .. Hindari salah posisi saat tidur

Meskipun sobat mencoba melakukan cara 9 yaitu istiraha namun dengan cara yang salah percuma saja. Hindari memposisikan telinga tersumbat oleh bantal, karena akan menyumbat udara masuk dalam telinga dan merubah tekanan didalamnya.

Kesimpulan
Cara terbaik mengatasi telinga berdengung atau tinnitus adalah meniup telinga terlebih dahulu, dianjutkan dengan mengetuk kepala, optimalkan gerakan pengetukan kepala dengan jari sebanyak 50 kali.

Jika dengungan telinga sudah berat, berkunjung kedokter dan meminta solusi dari dokter, kemudian coba meredam usara dengan alat yang telah dianjurkan dan memakan obat-obatan perdam rasa sakit dari dengungan telinga

Untuk menghindari dengungan suara, sobat dapat melakukan pembersaihan telinga dengan rutin, hindari mendengar suara yang keras, istirahat yang cukup dan hindari posisi istirahat/ tidur yang salah


Demikian Artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat

Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »