20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih

20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih

Bismillahirrohmanirrohim

Harus sobat ketahui, Kolesterol bukanlah penyakit. Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi tubuh. Secara alami kolesterol terdapat didalam dinding sel atau selaput dimana-mana didalam tubuh kita. Termasuk diantaranya : otak, otot, saraf, hati, usus, kulit, dan jantung.

Kolesterol sendiri memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh, antaranya sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk, membantu produksi empedu, membangun produksi hromon dan terlibat dalam produksi hormon seks.

”Jadi kolesterol sobat harus tahu bahwa kolesrol itu dibutuhkan tubuh.”

Lalu kenapa banyak orang yang takut kolesterol?

Sebenarnya yang ditakutkan orang-orang adalah kadar kolesterol yang yang tinggi, sama seperti darah jika terlalu tinggi akan sangat berbahaya, begitupun kolesterol.

kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol  dalam darah yang melebih batas kadar yang normal.  Kondisi kolesterol  tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius. Maka dari itu bisa dikatakan bawah kolesterol  bukanlah penyakit tetapi dapat menimbulkan penyakit.

Penyakit yang mengintai penderita kolesterol  tinggi atau hiperkolesterolemia biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebih pada pembuluh darah, seeprti stroke dan serangan jantung.

Baca selengkapnya tentang kolesterol : kebiasan dalam hidup yang dapat meningkatkan kadar 
kolesterol dalam tubuh

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana, kenapa bisa, dan apa sebab kadar kolesterol menjadi tenggi dan melewati batas normal? Karena segala sesuai pasti ada sebab dan akibatnyakan! Salah satu faktor penentu dari timbulnya hiperkolesterolemia adalah gaya hidup sobat misalnya kurang berolahraga, dan konsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai makanan apa saja yang harus diperhatikan dan jangan berlebihan ketika mengkonsumsinya supaya kita semua terhindar dari kolesterol berlebih.

1 .. Udang
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih udang

Udang adalah makanan yang berprotein dan lemak yang sangat tinggi. Maka tidak heran jika banyak orang alergi udang. 100 gram Udang mengandung 195 mili gram kolesterol

2 .. Kerang
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih kerang

Sama seperti udang, kerang adalah makanan yang berptoein tinggi. Sepesialnya lagi, makanan yang mengandung banyak kolesterol ini dapat dimakan secara mentah, dipanggang, digoreng, dikukus, dan masih banyak lagi. Didalam 100 gram kerang mengandung sekitar 105 mili gram kolesterol

3 .. Minyak ikan
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih minyak ikan

Sebenarnya minyak ikan baik bagi kesehatan jantung. Namun, minyak ikan juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Rata-rata dalam 100 gram minyak ikan mengandung 142 mili gram kolesterol 

4 .. Ayam goreng
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih ayam goreng

Meskipun ayam biasanya dianggap sebagai pilihan karena ayam adalah daging rendah lemak yang cukup baik. Namun, cara mengolah atau memasak dapat memabuat makanan ini mengandung kadar kolesterol dan lemak yang tinggi. Bayangkan saja, satu kaki ayam dengan kulit mengandung lebih banyak lemak dan kolesterol dari pada secangkir eskirm atau hamburger.

5 .. Eskrim
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih eskrim

Bagi sobat yang suka makan eskrim sebagai makanan pencuci mulut, apakah sobat tahu bahwa secangkir eskrim memiliki lebih banyak kolesterol dari pada 10 donat. Waww. Jadi bagi sobat yang suka memakan eskrim, mengganti kebiasaan memakan eskrim dengan meminum jus buah-buahan bisa dilakukan.

Selain itu, jus juga bisa sobat konsumsi untuk menggantikan air sebagai obat dihidrasi. Baca : dehidrasi

6 .. Kelapa

Kelapa adalah buah yang banyak sekali manfaatnya. Kelapa dapat diolah menjadi santan atau minyak kelapa. Olahan kelapa tersebut mengandung lemak jenih yang cukup tinggi. Namun, penggunaan olahan kelapa tersebut dalam janka sedang tidak berakibat buruk terhadap kadar kolesterol tinggi.

7 .. Gula tambahan

Satu fakta cukup mengejutkan kita adalah gula tambahan ternyata berhubungan dengan penurunan kadar kolesterol baik dalam darah. Jadi, selain dapat menghindarkan sobat dari kolesterol berlebih, pengurangan gula tambahan dapat juga mengurangi resiko diabetes dan memperbaiki kadar kolesterol.

8 .. Kentang tumbuk
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih kentang tumbuk

Kentang tumbuk atau mashed potato ternyata memiliki kandungan lemak yang tinggi. Apalagi kentang tumbuk yang ditemukan di restoran kerena mengandung mentega krim, susu, dan keju yang berlebih.

9 .. Susu

Susu memang mengandung banyak nutrisi yang penting seperti protein, kalsium, vitamin, mineral dan juga minyak jenuh. Alangkah baiknya memilih produk sussu yang memiliki kadar lemah jenuh yang rendah seperti susu kambing.

10 .. Pai dan kue
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih pai kue

Pai dan kue berbahan baku mentega, susu, krim, dan keju yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Maka sedikit saja mengkonsumsi kue atau pai sudah memberikan sumbangan lemak yang tinggi bagi tubuh.

11 .. Telur

Banyak sekali lemak dan protein pada telur. Terutama kuning telur yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi yaitu 1234 mili gram per 100 gram porsi atau 411% dari jumlah harian yang disarankan. Kuning telur tunggal  akan mmebrikan 210mg (70%AKG) kolesterol. Oleh sebab itu, semua kolesterol dalam telur ditemukan didalm kuning telur. Jika sobat mengkonsumsi telur dipagi hari, sebaiknya hindari segala jenis makanan kolesterol tinggi ketika makan siang dan juga makan 
malam.

12 .. Popcorn

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang terbuat dari jagung tersebut. Satu wadah popcorn ukuransedang mengandung 60 gram lemak jenuh dan 1.200 kalori. Hal ini disebabkan oelah pengolahan popcorn membutuhkan minyak yang berpengaruh terhadap kadar kolesterol.

13 .. Daging unggas

Daging unggas dianggap lebih menim resiko kolesterol berlebih dibanding dengan daging merah karena memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih rendah. Namun, jika pengkonsumsian daging unggas dengan volume yang berlebih dagging unggas juga akan memberikan efek negatif dan salah satu efek negatifnya adalah meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

14 .. Jeroan hati
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih jeroan hati

Kolesterol diproduksi didalam hati, sebagaimana kita ketahui bahwa kolesterol diproduksi didalam hati. Maka dari itu, jeroan ini mengandung banyak kolesterol. Hati dari daging apapun akan berisi 564 mili gram kolesterol pr 100 gram

15 .. Pizza

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Italia dan kata orang itu makanan orang gaul, ane sih lebih suka makan makanan indonesia. Satu potong saja pizza mengandung 10 gram lemak dan 4.4 gram lemak jenuh. Ini sangat banyak. Angka terssebut tidak termasuk topping yang pastiny akan mengandung lemak yang lebih banyak

16 .. Snack atau makanan ringan

Berhati0hati memimilih kudapan apalagi bagi sobat yang memiliki riwayat penyakit kolesterol karena banyak jenis snack yang dijual dipasar mengandung lemak trans. Lemak trans sendiri adalah jenis lemak yang dapay mengubah makanan sehat menjadi makanan kolesterol tinggi.

17 .. Kaviar
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih kaviar


Makanan yang terbuat dari telur ikan ini memiliki kandungan tinggi kolesterol yaitu 580 mili gram / 100 gram atau sekitar 94 mili gram kolesterol per sendok makan

18 .. otak sapi

Menurut salah satu sumber yang saya baca, menyatakan bahwa otak sapi adalah sumber kolesterol paling tinggi, dimana dalam 100 gram Otak sapi mengandung 3100 mili gram kolesterol. Dilanjutkan dengan tulur dan telur ikan.

19 .. daging kijang

daging kijang memiliki 479 mili gram kolesterol dari 100 gram daging kijang. Cukup banyak. Namun, jangan khawatir, karena kita sendiri sangat jarang mengkonsumsi daging kijang.

20 .. kepiting
20 Jenis Makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol berlebih keviting

Sama seperti lobster, udang, dan jenis makanan laut lainnya, bahwa kepiting termasuk pada rengrengan makanan yang cukup banyak mengandung kolesterol dimana dalam 100 gram kepiting terdapat 127 mili gram kolesterol
.. ..
Itulah 20 makanan yang sebaiknya dikonsunsumsi secukupnya saja. Jangan berlebihan, karena itu akan membuat kolesterol meningkat dan akan menimbulkan banyak penyakit.

Makanan-makanan ini juga sebaiknya dihindari bagi sobat yang mengidap kolesterol berlebih atau hiperkolesterolemia karena dapat memperburuk kondisi sobat.

Kesimpulan

Ada minimalnya 20 jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari bagi sobat mengidap hiperkolesterolemia yaitu udang, kerang, minyak ikan, ayam goreng, eskrim, kelapa, gula tambahan, kelapa, kentang tumbuk, pai atau kue, telur, popcorn, daging unggas, jeroan hati, pizza, snack atau makanan ringan, kaviar, otak sapi, daging kijang, kepiting.


demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat, mohon maaf bila banyak kesalahan karena kesalahan mutlak ada pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT. Kembali badanya adalah satu-satunya jalan menunju kebenaran juga kemenangan.

Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »