Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Bismillahirrohmanirrohim

Hampir seluruh kalangan, jenis, dan tipe orang bisa mengalami rambut rontok. Baik anak-anak hingga dewasa, semua dapat mengalamai kerusakan ini

Harus sobat ketahui sebelumnya, rambut rontok adalah hal wajar dalam kehidupan manusia. Bila 
sobat melihat rambut yang rontok ketika bersisir dari 10 helai hingga 100 helai adalah hal yang wajar, karena rambut baru akan tumbuh dan menggantikan rambut rontok tersebut.

Yang menjadi permasalahannya adalah ketika sobat memgang kepala dan rambut tiba-tiba rontok, ketika bersisir rambut banyak yang ikut, ketika berkeramas banyak rambut didalam pembuangan air dan akhirnya dirasakan bahwa rambut dalam kepala sudah tipis, bahkan tidak terasa ternyata rambut sudah hilang alias botak. Hal demikian bisa disebut rambut rontok berlebihan dan ini yang menjadi masalah dan ini juga yang akan kita bahas tuntas.

........Harus sobat ketahui sebelumnya bahwa situs ini adalah saringan dari berbagai situs terpercaya di Indonesia, jadi wajar bila sobat melihat ada tips, kata, dan kalimat yang sama dalam salah satu pembahasan ini......
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Sebab utama rambut rontok

Rambut rontok berlebihan atau juga telogen effuvium terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja. Misalnya bagian atas saja yang membuat sobat dipanggil profesor. Melainkan rambut akan tampak tipis diseluruh bagian.

Menurut dokter, tepatnya dokter ahli kulit, kondisi ini bisa terjadi setelah tubuh atau sobat pribadi mengalami stres dan tertekan. Selain itu, rambut rontok berlebihan ini juga akan selaras dengan proses regenerasi rambut yang melambat.

Jadi solusi terbaik bagi sobat yang belum mengalami rambut rontok berlebih adalah jangan terlalu stres dan tertekan. Santai saja yah.

selain karena stres atau tertekan, penyebab rambut rontok ada banyak. Barangkali sobat telah mengalami rambut rontok namun kebingungan “kok bisa rambut rontok? Apa penyebabnya sih!”
barikut daftarnya :

1 Gangguan emosional atau stres
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa stres adalah penyebab paling utama rambut menjadi rontok berlebihan. Seorang yang memiliki gangguan emosional akan merasa tertekan atau stres. Misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan sebagainya.  Hal inilah yang menjadi penyabab kerontokan rambut yang parah
Jadi ringankan hidupmu dan perbanyak berzikir pada Allah SWT

2 Pada saat kehamilan dan persalinan
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Pada saat kehamilan dan setelah melahirkan, banyak wanita yang mengamai rontok. Bahkan kerontokan yang terjadi dalam jumlah yang cukup banyak. Kerontokan yang disebabkan oleh foktor ini adalah hal yang alami dan biasa dialami oleh wanita hamil dan persalinan. Hingga beberapa bulan kemudian, rambut akan tumbuh secara normal kembali.

3 siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang

pertumbuhan rambut normal adalah kurang lebih 1 inch setiap bulan. Pertumbuhan rambut ini dapat berbeda-beda tergantung kandungan hormon seseorang. Salah satu penyebab rambut rontok berlebih adalah adanya gangguan pada siklus pertumban rambut yang disebabkan hormon androgen. Akibat dari pross pertumbuhan rambut yang tidak biasa, akan menyebabkan rambut menjadi rontok dalam jumlah yang banyak.

4 Gangguan pada hormon

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gangguan  hormon androgen atau hormon alopesia androgenetik dapat menyebabkan kerontokan. Selain dari homon androgen, gangguan dari hormon estrogen atau hormon Dihydro testosterone juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut yang cukup parah. Hal ini terjadi saat tiroid sobat bekerja terlalu aktif atau malah tidak aktif. Ini juga dapat menimbulkan kerontokan rambut yang cukup parah.

ada juga gangguan hormon alopesia areata yang biasanya menyebabkan rambut menjadi pitak. Gangguan hormon ini diakibatkan oleh penyakit yang disebut autonium. Kerontokan ini paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda.

5 Penggunaan Alat penata rambut
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Hay kaum hawa...

Untuk menunjang penampilan agar selalu terlihat cantik, kaum hawa biasanya rela meluangkan waktu berjam-jam di salon. Padahal perawatan dengan menggunakan alat pencatokan dan pengeringan rambut berdampak tidak baik bagi rambutmu. Penyebabnya adalah alat catok digunakan terlalu dekat dengan kulit kepala sehingga membuat akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi lebih cepat patah.

6 Kamu Terlalu kencang mengikat rambut

Ini biasanya terjadi pada kaum hawa, bagi wanita mengikat rambut dilakukan untuk memperindah penampilan. Akan tetapi, terlalu kamu juga harus memperhatikan lemah atau kuatnya ikatan yang dibuat. Yang menjadi penyebab kerontokan adalah ketika Rambut dengan ikatan yang cukup kuat dapat mengakibatkan akar rambut tertarik.

7 Pengkonsumsian Obat-obatan

Harus sobat ketahui, tidak semua obat-obatan dapat menimbulkan kerontokan. Hanya ada beberapa jenis obat saja yang memiliki efek samping yang berpotensi menimbulkan rambut rontok. Enaknya, kerontokan rambut akan berhenti searah dengan pengehntian pengkonsumsian obat terebut. Beberapa obat yang dapat berpotensi merontokan rambut antaranya : yang mengandung obat antidepresan, Vitamin A, obat kemoterapi, obat asam urat, kontrasepti, dan obat pengencer darah.

8 Jarang melakukan keramas
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Rambut yang rontok berlebihan bisa disebabkan karena jarang melakukan keramas. Rambut akan menjadi berminyak dan juga lembab. Hal ini yang membuat rambut menjadi rontok, ketika adanya paparan sinar matahari yang membuat bercampur dengan keringat. Kemudian rambut yang terdapat pada kulit kepala dapat terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek.

9 Memiliki penyakit

Ternyata, ada beberapa penyakit yang dapat membuat rambut rontok yang cukup parah. Penyebab kerontokan rambut tersebut adalah karena penyakit kronis. Diantaranya : penyakit lupus dan juga penyakit diabetes. Kedua penyakit berbahaya ini dapat menyebabkan rambut sobat rontol dalam jumlah yang banyak.

                10 Penggunaan bahan kimia

Perawatan rambut yang terlalu berlebihan dengan menggunakan bahan-bahan kimia menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Perawatan rambut yang terlalu sering dapat memicu kerusakan pada rambut. Oleh karena itu, penelitian sebelum melakukan pewarnaan pada rambut sangat diperlukan dan dilakukan.

11 Kekurangan gizi dan vitamin
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Kulit kepala merupakan tempat dimana rambut tumbuh dan akar rambut menempel. Sehingga kesehatannya harus dijaga dengan nutrisi yang cukup. Melakukan diet yang cukup ketat dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan gizi dan vitamin. Hal ini berdampak buruk juga bagi rambut. Rambut akan mudah rontok, bahkan dalam jumlah yang banyak. Solusi dari penyebab ini cukup mudah, sobat hanya tinggal menambah asupan gizi dan juga vitamin.

12 Terjadinya Infeksi

Infeksi di area kulit kepala dapat berpotensi membuat rambut rontok. Untuk menghentikannya, sobat dapat menggunakan anti jamur kerontokan. Pemberian anti jamur ini dapat menghentikan rambut sobat yang rontok.

13 Terkena langsung Sinar matahari dan polusi
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Sinar matahari dan radiasi matahri memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Namun, tidak dipungkiri jika terlalu lama berada dibawah sinar matahari dapat juga mengakibatkan berbagai penyakit salah satunya menurunnya kesehatan pada rambut yaitu mengurangnya keratin pada rambut. Keratin sendiri merupakan protein yang berada pada rambut, berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

Oleh karena itu, dalam islam diwajibkan bagi kamu kaum hawa untuk memakai jilbab...

14 merokok

menurut salah satu sumber, rokok mengandung zat adiktif yang dapat merusak organ yang ada dalam tubuh seperti paru-paru. Tidak hanya merusak organ dalam, roko juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan rambut, karena dari sebuah penelitian yang baru dilakukan dalam sebuah jurnal “Archives Of Dermatology”, rokok dapat meyebabkan kerusakan suplay darah ke folikel rambut.

15 Sedang mengami demam tinggi
Pentingnya mengenal 20 penyebab rambut rontok agar kamu dapat menghindarinya, mengatasinya, dan merawatnya

Demam adalah penyakit, pada saat demam orang cenderung jarang mengkonsumsi nutrisi yang cukup bagi tubuh dan meyebabkan rambut kekurangan gizi dan vitamin.

16 keturunan

Penyebab kerontokan rambut selanjutnya adalah keturunan. Hal tersebut dapat disebabkan jika salah satu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga hal itu dapat diturunkan pada anak mereka. Biasanya hal ini dapat diketahui dengan cara memeriksa diri pada ahli kulit. Kebetulan juga kakek, paman dan ayah saya mengalami rambut rontok yang parah, apakah saya akan mengalami hal yang sama??

17 Menjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi atau radiasi
18 Kurang aupan zat besi, zinc dan protein dalam tubuh
19 Berat badan turun 9 kg atau lebih
20 Anemia parah
itu

Dengan mengetahui 20 penyebab rambut rontok yang berlebih, besar harapan sobat dapat menjaga rambut sobat dan dapat hidup dengan sehat. Jika kamu suka melakukan kebiasaan diatas, segera hindari dan merubah pola hidup seperti itu, misalnya stres dan obat-obatan.

Namun, jika sobat sudah terlanjur mengalami rambut rontok, jangan khawatir, karena pada artikel selanjutnya saya membahas cara mengatasi rambut rontok berlebih


Kesimpulan
20 penyebab rambut rontok adalah : stres, karena kehamilan dan sudah melahirkan, siklus pertumbuhan rambut tidak seimbang, gangguan hormon, penggunaan alat penata rambut, terlalu kencang mengikat rambut, pengaruh obat-obatan, jarang melakukan keramas, penyakit kronis, penggunaan bahan kimia, kekurangan gizi dan vitamin, infeksi, sinar matahari, mrokok, deman tinggi, keturunan (emosi) , menjalani pengobatan tertentu, kurang asupan zat besi, berat badan turun drastis serta anemia parah.

Demikian pemahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan. Karena kesalahan mutlak pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »