2 kebiasaan dalam hidup yang tanpa disadari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh

2 kebiasaan dalam hidup yang tanpa disadari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh

bismillahirrohmanirrohim

yang Harus sobat ketahui sebelumnya, Kolesterol bukanlah penyakit. Ingat. Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi tubuh. Ingat, sangat penting. Secara alami kolesterol terdapat didalam dinding sel atau selaput dimana-mana didalam tubuh kita. Termasuk diantaranya : otak, otot, saraf, hati, usus, kulit, dan jantung.
2 kebiasaan dalam hidup yang tanpa disadari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh

Fungsi penting kolesterol

Kolesterol sendiri memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh, antaranya sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk, membantu produksi empedu, membangun produksi hromon dan terlibat dalam produksi hormon seks.

”Jadi kolesterol sobat harus tahu bahwa kolesrol itu dibutuhkan tubuh.”

Lalu kenapa banyak orang yang takut kolesterol?

Sebenarnya yang ditakutkan orang-orang adalah kadar kolesterol terlalu tinggi, yang tinggi, sama seperti darah jika terlalu tinggi akan sangat berbahaya, begitupun kolesterol.

kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol  dalam darah yang melebih batas kadar yang normal.  Kondisi kolesterol  tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa kolesterol  bukanlah penyakit tetapi dapat 
menimbulkan penyakit.

Penyakit yang mengintai penderita kolesterol  tinggi atau hiperkolesterolemia biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebih pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Dan, jangan salah, kebiasaan-kebiasan pola hidup yang salah sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol. Jadi berhati-hatilah dan jagalah kesehatan karena kesehatan adalah bagian paling-paling mahal didunia dan yang kita butuhkan. Bukan begitu?

Kebisaan dalam hidup seperti apakah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh?
Kebiasaan pola makan yang salah dan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak 
lemak jenuh

Makan daging jeroan, daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kue, makanan berkuah dan gorengan memang Enak, yah. Adanya makanan itu saja, yah. Makanya jadi kebiasaan dan menjadikan kadar kolesterol dalam tubuh sobat akan meningkat. Ini wajar karena lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol.

Memakan makanan yang berlemak jenuh sebenarnya boleh dan baik, yang tidak diperbolehkan itu adalah menjadikan makanan mengandung lemak jenuh sebagai kebisaan dalam keseharian. Apalagi tanpa dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Kebiasaan melupakan akan pentingnya olahraga
2 kebiasaan dalam hidup yang tanpa disadari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh

Dengan melupakan atau tidak meyisihkan waktu untuk mengelaurkan keringat dalam tubuh tentunya sangat tidak baik. Tanpa dibarengi dengan olahraga, Tumpukan lemak disekitar perut dan pinggang akan terus tumbuh dan meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Apalagi jika dibarengi dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak jenuh. Maka dari itu, disarankan untuk brolahraga setidaknya 2 jam sepekan, atau 15 menit dalam sehari sehingga kalori dalam tubuh dapat terbuang.

Kebiasaan diam dan malas-malasan
2 kebiasaan dalam hidup yang tanpa disadari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh

Malas-malasan akan membuat tubh sobat merasa kaku dan akan mengakibatkan menumpuknya kalori. Kebiasaan buruk ini berbanding lurus dengan kebiasaan sebelumnya yang mengingatkan kita agar membiasakan diri berolahraga.

demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat, mohon maaf bila banyak kesalahan karena kesalahan mutlak ada pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT. Kembali badanya adalah satu-satunya jalan menunju kebenaran juga kemenangan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »