Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangka

Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangka

bismillahirrohmanirrohim

yang Harus sobat ketahui sebelumnya, Kolesterol bukanlah penyakit. Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi tubuh. Ingat, sangat penting. Secara alami kolesterol terdapat didalam dinding sel atau selaput dimana-mana didalam tubuh kita. Termasuk diantaranya : otak, otot, saraf, hati, usus, kulit, dan jantung.

Fungsi penting kolesterol

Kolesterol sendiri memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh, antaranya sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk, membantu produksi empedu, membangun produksi hromon dan terlibat dalam produksi hormon s*ks.

”Jadi kolesterol sobat harus tahu bahwa kolesrol itu dibutuhkan tubuh.”

Lalu kenapa banyak orang yang takut kolesterol?

Sebenarnya yang ditakutkan orang-orang adalah kadar kolesterol terlalu tinggi, yang tinggi, sama seperti darah jika terlalu tinggi akan sangat berbahaya, begitupun kolesterol.

kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol  dalam darah yang melebih batas kadar yang normal.  Kondisi kolesterol  tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa kolesterol  bukanlah penyakit tetapi dapat menimbulkan penyakit.

Penyakit yang mengintai penderita kolesterol  tinggi atau hiperkolesterolemia biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebih pada pembuluh darah, kerusakan pada pembuluh darah, penyempitan arteri, resiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Sering kali, orang-orang tidak mengetahui bahwa kadar kolesterolnya meningkat. Kaget dan tidak menyangka, pola hiduppun berubah dari yang serba kalem mejadi lebih hati-hati apalagi dalam mengkonsumsi makanan.

Ini yang biasa terjadi bagi sobat yang sebelumnnya tidak sadar kemudian langsung dikejutkan dengan berita dari dokter bahwa kolesterol sobat meningkat.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berusaha membagikan tanda-tanda kolesterol tinggi yang dapat sobat rasakan sebelumnya sehingga dapat dihindari berikutnya.

Asal sobat tahu, tanda-tanda kolesterol tinggi dalam tubuh sangat mudah dirasakan karena sangat berdampak langsung pada kinerja tubuh sobat. Pengujian kolesterol bisa dilakukan dengan menguji kadar LDL dalam darah. Pengujian bisa dilakukan rutin untuk orang yang memang sudah memiliki resiko penyakit tertentu, misalnya kanker.

1 .. Tubuh sangat lelah
Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangka

Gangguan kolesterol tinggi bisa mengakibatkan tubuh menjadi sangat mudah lelah. Sebabnya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup dan kadar oksigen sangat rendah. Kemudian Oragan-organ tubuh dipaksakan untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara itu jantung dan pembuluh darah bermasalah.

2 .. Kehilangan keseimbangan
Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangka

Kehilangan keseimbagan seperti anak kecil lagi belajar berjalan adalah salah satu tanda kolesterol tinggi

Otot kaki dan tangan sudah sangat lemah. Semenatra itu arteri dalam tubh tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Ketika ada sistem syaraf pusat yang mengalami gangguan akibat plak kolesterol pada arteri maka bisa membuat si penderita tidak memiliki keseimbangan.

Biasanya, kondisi ini dijumpai untuk orang lanj usia yang mendapat serangan stroke saat terjatuh.

3 .. Sakit tangan dan kaki
Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangka

Rasa sakit tangan dan kaki bisa diorasakan oleh orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sakit yang dimaksudkan disini adalah perilaku tidak nyaman dirasakan pada bagian kaki dan tangan, sakit ketika digunakan untuk berkegiatan, dan sulit untuk digerakan.

Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kolesterol sudah menyebabkan aliran darah pada bagian aki dan tangan mejadi tidak lancar. Peristiwa ini sering diabaikan, karena menagngkap sakit kaki dan tangan hanyalah sebatas rasa sakit normal dan tidak berdampak buruk pada peningkatan kadar kolesterol.

4 .. Sulit bernapas

Kolesterol tinggi atau  hiperkolesterolemia bisa juga menyebabkan pernafasan berjalan tidak lancar dan tidak nyaman. Kondisis seperti ini terjadi ketika ada banyak kolesterol yang sudah menumpukan pada aliran arteri tabuh. Jantung juga sudah tidak bisa memompakan darah dengan baik akibatnya 
tubh mengalami kekurangan oksigen dan kemudian terjadi kesulitan bernapas.

Orang yang sudah menderita stroke bisa mengalami sesak nafas yang lebih buruk. Orang yang kesulitan bernapas juga sering sekali menganggap bahwa sulit bernapas bukanlah hal buruk padahal ini adalah gejala bila sobat mempunyai kolesterol tinggi.

5 .. Nyeri dada

Penumpukan lemak di dalam arteri akan disebabkan ketika kolesterol sudah tinggi. Konsisi seperti ini akan membuat aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Salah satu tandanya dalah nyeri dada. Namun, kondisi ini sering sekali diabaikan karena mengangap sebagai rasa kelelahan.

Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangkaNyeri bisa memicualiran darah tidak lancar dan bisa menjadikan indikasi munculnya penyakit yang sangat tidak diinginkan yaitu gejala penyakit jantung.

Seringkali orang menganggap bahwa peristiwa ini hanyalah akibat terlalu banyak bekerja dan kurang bristirahat. Padahal jika dipikirkan dengan sesama, seberapa banyak sobat beraktifitas sehingga mengakibatkan kelelahan yang terus berulang setiap hari.

Selain itu, bagi sobat berkondisi diabetes maka akan sangat menghawatirkan karena insulin yang rendah dan kadar gula yang terlalu tinggi.

6 .. Nyeri leher dan punggung
Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangka

Nyeri leher dan punggung bisa terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Peristiwaw ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi juga muncul bersamaan. Rasa sakit sering disebutkan seperti gejala yang tidak nyaman pada leher, sangat sakit dan kaku. Karena aliran darah keotak tidak cukup bisa juga mengakibatkan sakit kepala berat.

Nyeri punggung dan leher biasanya dianggap sebagai sakit normal bila bekerja terlalu keras. Namun bagi sobat yang hidupnya cukup nyaman (malas bekerja) akan mengagap sakit leher dan punggung adalah karena kurang olahraga (memang benar sih). Harus sobat tahu bahwa nyeri leher dan pnggung juga adalah gejala kolesterol tinggi.

7 .. Emosi tidak stabil

Orang mengamai gejala kolesterol tinggi juga sering mengakami gangguan emosi. Mereka akan lebih mudah marah bahkan karena masalah-masalah yang kecil sekalipun. Hal ini disebabkan ketika kolesterol sudah menggangu masalah aliran darah sehingga mmebuat tubuh tidak nyaman.

Gejala lain seperti sakit kepala, tubuh yang sangat lemah, dan perasaaan khawatir sering membuat penderita tidak bisa mengendalikan emosi.

Prilaku seperti ini sering sekali tidak disadari oleh seorang yang sudah mengalami kolesterol tinggi. Dan tidak pernah memeriksakannya kedokter.

8 .. Perubahan warna Wajah menjadi memerah

Pernahkan sobat marah dan melihat wajah sobat memerah, jelek bukan....

Tanda kolesterol tinggi ini tidak pernah disangka-sangka
Ciri-ciri kolesterol  tinggi yang jarang orang ketahui adalah warna wajah memerah. Kolesterol terlalu tinggi pada penderita hipertensi juga bisa menyebakan pembuluh darah dibaian wajah membesar dan membuat kondisi wajah menjadikan wajah merah seperti terbakar. Ketika tekanan darah sangat tinggi maka bisa menyebabkan wajah menjadi tidak nyaman, panas dan gengguan emosi.

Hati-hati, jika melihat dan memperhatiak wajah sudah memerah, bisa jadi kemungkinan sobat terjangkit kolesterol tinggi yang harus segera ditangani dengan cepat dan tepat


Itulah tanda-tanda kolesterol  tinggi yang tidak prnah disangka-sangka. Sebaiknya, orang yang telah merasakan tanda tanda diatas secara cepat memeriksakan diri kedokter dan melakukan konsultasi.

Menjalani keseharian yang sehat dengan memakan makanan yang sehat dengan dibarengi dengan olahraga akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh sobat menjadi normal dan sehat.

Kesimpulan

Tanda atau ciri kolesterol tinggi yang tidak pernah disangka adalah :  tubuh sangat lelah, kehilangan keseimbangan, sakit kaki dan tangan, sulit bernafas, sakit dada, nyeri leher dan punggung, emosi tidak stabil, dan perubahan warna pada muka menjadi merah.


demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat, mohon maaf bila banyak kesalahan karena kesalahan mutlak ada pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT. Kembali badanya adalah satu-satunya jalan menunju kebenaran juga kemenangan.

Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »