LARANGAN! 12 Jenis Makanan ini benar-benar harus dihindari Penderita Diabetes

LARANGAN! 12 Jenis Makanan ini benar-benar harus dihindari Penderita Diabetes

Bismillahirrohmanirrohim

Penyakit gula darah sudah meraja rela dikalangan masyarakat dan meratapi semua kalangan. Ketidak cermatan dalam melakukan kebiasaan pola dan gaya hidup sehat membuat penyakit diabetes menelor banyak pasien dan penerita setiap harinya.

Hal ini tentu membutuhkan cara ampuh untuk mengatasi atau sebaiknya mencegah penyakit dibetes ini agar tidak menyesal nanti ketika datang menggerogoti kesehatan tubuh kita.

Selain dengan mengadopsi pola hidup sehat dan seimbang,  pengobatan diabetes dapat juga dengan menghindari makanan yang bisa mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat. Sebisa mungkin penderita menghindari jenis-jenis makanan yang akan diuraikan dibawah ini supaya diabetes dapat teratasi dan menjauhi tubuh sobat.

Untuk itu kawan, akan sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengetahui dan bisa mempraktekan memilih makanan apa yang harus dimakan dan juga makanan yang jangan dimakan. Untuk keuntungan yang lebih besar tentunya, yaitu pengobatan yang alami dan luar biasa ampuh.


Maka dari itu sobat, pada kesempatan kali ini saya akan coba rangkum informasi-informasi yang saya peroleh dari buku kesehatan, media Online dan juga Offline tentang makanan-makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Berikut uraiannya

Makanan yang kaya GUla

Bukan suatu rahasia, Jenis makanan yang mengandung banyak gula adalah musuh nomor satu bagi penderita diabetes. Makanan dengan kadar gula tinggi seperti gula pasir, es krim, donat, cokelat, pastres serta makanan dengan pemanis buatan bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah sehingga tidak mengherankan jika sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Salah satu makanan yang memiliki kadar gula adalah nasi. Nasi putih dapat meningkatkan 
insuin. Maka dari itu, ketika sobat tida bisa lepas dari nasi, pilihlah alternatif lainnya seperti nasi cokelat, nasti merah, atau bisa juga nasi hitam.

Kopi juga merupakan jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Mulai dari kopi campur karamel, dengan whipped cream, ataupun dengan sirup. Untuk penderita diabetes, meminum kopi hitam tanpa gula adalah pilihan yang paling baik.

Pisang juga merupakan makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Maka dari itu, lebih baik menghindari jenis makanan ini.

Makanan berkolesterol tinggi

Kondisi diabetes menyebabkan kadar kolesterol baik menurun, dan meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini meyebabkan penderita diabetes rentan dengan beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi. Khususnya penyakit jantung karena kadar kolesterol yang tinggi dapat mengembangkan plak pada dinding arteri.

Makanan cina merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Makanan cina dikenal gurih, tinggi kalori, tinggi lemak, dan tinggi karbohidrat yang bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi masakan cina tidak masalah asalkan tidak dimakan seiap hari.

Selain makanan cina, kuning telur, unggas, daging merah, udang, dan keju sebaiknya dihindari atau dibatasi secara cermat.

Makanan  berlemak jahat

Salah satu jenis makanan pemicu kadar gula darah naik dan sebagai pemuncul resiko diabetes adalah makanan berlemak tinggi, yaitu : makanan instan, daging hewan, jeroan, dan makanan yang mengandung mentega dan margarin

Jus Buah
LARANGAN! 12 Jenis Makanan ini benar-benar harus dihindari Penderita Diabetes

Penelitian menunjukan bahwa meminum segelas jus buah secara rutin setiap hari dapat meingkatkan resiko diabetes. Terlebih bagi penderita diabetes, memakan buah secara langsung lebih disarankan daripada menyajikannya dalam bentuk Jus.

Mengkonsumsi buah langsung bisa memberikan serat atau fiber, yang mana sangat diperlukan oleh tubuh. Sedangkan jika dijus, buah akan mengandung karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes mungkin sesekali tetap dapat meminum jus buah, namun harus dibatasi dan sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

Beberapa sayur dan buah

Bagi penderita diabetes, perlu diingat bahwa tidak semua buah dan sayuran itu layak dikonsumsi untuk sobat. Orang yang memiliki diabetes sebaiknya menghindari jenis buah-buahan yang mengandung kadar glukosa dan sukrosa yang tinggi.
LARANGAN! 12 Jenis Makanan ini benar-benar harus dihindari Penderita Diabetes
Buah klengkeng, buah rambutan, pisang ambon, buah duren, buah sawo, buah mangga serta stroberi menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes. Begitu juga pada beberapa jenis sayur yang kaya akan kandungkan pati, misalnya labu.

Namun, sebetulnya untuk sayuran yang harus dicermati itu adalah bagaimana sobat memasaknya. Proses memasak sayur harap menghindari menggunakan bahan margarin dan mentegga dan dianjurkan dimasak dengan proses dikukus atau di rebus atau bisa juga pepes dengan daun.

Sereal

Sereal mengandung banyak gula buatan sehingga sangat tidak baik untuk para penderita diabetes.
LARANGAN! 12 Jenis Makanan ini benar-benar harus dihindari Penderita Diabetes

Cookies

Cookies biasanya terbuat dari tepung terigu. Apapun yang dibau dari tepung terigu sangat mempengaruhi insulin dalam tubuh. Salah satu bahan makanan yang menggunakan terigu adalah gorengan.

Bagi penderita diabetes harus membatasi konsumsi gorengan, khususnya yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi, karena kecenderungannya untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, juga sarat lemak trans yang tidak sehat.

Minuman bersoda

Minuman bersoda harus benar-benar dihindari penderita diabetes. Minuman ini memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol cenderung akan meningkatkan kadar gula darah, dan konsumsi alkohol dalam jumlah yang tinggi dapat membahayakan penderita diabetes. Kondisi hypoglycemia juga bisa terdiri jika mengkonsumsi alkohol dalam keadaan perut yang kosong.

Memang cukup banyak makanan yang perlu dihindari bagi penderita diabetes. Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, karena makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes lebih banya lagi. Misalnya saja, diatas saya sebutkan bahwa untuk penderita diabetes jangan memakan  

Jika sobat tidak percaya silahkan baca : Penting! Jenis makanan ini sangat baik dan disarankan bagi penderita diabetes.


Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan, karena kesalahan berada pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT.

Hanya orang biasa yang suka dunia teknologi dan digital.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »