Selain air, inilah cara mencegah dan mengobati Dehidrasi yang sangat dianjurkan

Selain air, inilah cara mencegah dan mengobati Dehidrasi yang sangat dianjurkan

Bismillahirrohmanirrohim

Semua orang tahu bahwa cara mengobati dehirdari tentu dengan meminum air yang banyak. Itu sudah menjadi hukum dan memang cara itulah yang harus dan paling baik dilakukan. Untuk mencegah dehidrasi juga sangat mudah, yaitu dengan minum 8 gelas air sehari jika kerja tubuh lebih dari biasanya tentu bisa lebih dari 8 gelas.

Sebagaimana definisinya, dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan lebih banyak dari pada cairan yang diterima. Sehingga keseimbangan gula garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Harus sobat kehatahui, kandungan air yang sehat dan normal pada tubuh manusia adalah sebanyak 60 % lebih dari total keseluruhan berat badan. Kandungan air ideal didalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja tubuh sebagai pelumas dari tulang dan persendian, melembabkan jaringan pada tubuh, dan sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Sebelum lebih lanjut, mari kita ketahui terlebih dahulu gejala dari dehidrasi
Selain air, inilah cara mencegah dan mengobati Dehidrasi yang sangat dianjurkan

Gejala dehidrasi antara lain :

  • Lemas/lemah
  • Air seni berwarna kuning gelap atau oranye
  • Jarang buang iar kecil
  • Haus
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Tekanan darah yang rendah
  • Ketidak mampuan menelan makanan kering
  • Produksi keringat yang sangat sedikit
  • Hidung dan mulut kering
  • Kepanasan
  • Kesulitan dalam berbicara
  • Kulit kering
  • Kulit yang bengkak dan retak ketika dicubit
  • Jantung berdetak lebih kenceng
  • Demam yang ditandai dengan penurunan berat badan, urin yang berwarna gelap
  • Kelelahan pada otot
  • Kejang-kejang

Cekup banyak bukan,,,, jadi alangkah baiknya jika sobat benar-benar memperhatikan dan menjaga kandungan cairan tubuh yang Allah SWT amanahkan pada kita agar tetap sehat dengan perbanyak minum air

Namun, terkadang orang enggan meminum air yang cukup atas beberapa alasan, misalnya karena rasa air yang pahang atau kurang enak dan mual, Kurang biasa dan tidak mau dibiasakan, dan malas karena jika banyak minum air, akan banyak juga buang air kecil

Memang benar sih...

Bagi sobat yang ingin mengatasi dehidrasi atau menjaga agar tubuh tetap terjaga dari ancaman dehidarsi, bisa mencoba tips-tips dibawah ini :


Mengonsumsi buah-buahan adalah cara paling efektif
Selain air, inilah cara mencegah dan mengobati Dehidrasi yang sangat dianjurkan

Selain meminum air, cairan bisa juga didapat melalui buah-buahan. Selain mengandung vitamin dan mineral, orang-orang sudah tahu bahwa pada buah-buahan mengandung banyak cairan yang dapat membantu sobat dalam memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah yang paling baik dan efektif untuk mencegah dan mengobati dehidrasi adalah buah yang mengandung banyak sekali cairan antara 88 sampai 90%. Seperti halnya semangka, stroberi, peach, blewah, dan grapefruit.

Selain itu, masih banyak lagi buah buahan yang mengandung banyak cairan, misalnya jeruk, apel, nanas, alpukat, dan pear. Pokoknya buah-buahan bisany mengandung banyak air jadi sangat baik dan efektif untuk mengatasi dehidrasi.

Mengkonsumsi sayuran tidak kalah baiknya dari buah
Selain air, inilah cara mencegah dan mengobati Dehidrasi yang sangat dianjurkan

Tentunya salah satu teman dari buah-buahan adalah sayur sayuran. Perlu sobat ketahui bahwa sayuran juga merupakan salah satu sumber air dan nutrisi yang sangat bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

Selain iar, sayuran juga dapat memberikan manfaat lain seperti memperkuat dan menambah stamina tubuh, mengandung banyak seklai nutrisi, vitamin, mineral dan serat. Sayuran yang paling baik sebagai pengganti air minum dan memberikan banyak cairan pada tubuh adalah selada dan mentimum yang mengandung 96% cairan, serta lobak dan seledri yang mengandung 95% cairan.

Beberapa sayuran lain yang baik dan bisa menggantikan peranan air antara lain : tomat, brokoli, terong, cabai, kembang kol, bayam dan kubis, yang mengandung 92 sampai 95 % cairan, serta sauran lain yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. 

Jika sulit minum air putih coba saja dengan meminum jus
Selain air, inilah cara mencegah dan mengobati Dehidrasi yang sangat dianjurkan

Malas minum karena rasanya kurang enak adalah alasan utama sobat jarang minum air putih. Solusinya sangat mudah, berikan saja rasa dengan membuat jus. Selain dapat memenuhi cairan pada tubuh, mengkonsumsi jus buah buah dapat memberikan beragam vitamnin dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Meminum jus sangat dianjurkan bagi sobat yang suka beraktifitas dan berolahraga karena dapat menyehatkan.

Selain 3 cara diatas,cara cara dibawah ini bisa bermanfaat bagi sobat yang sudah terlanjut kekurangan cairan dalam tubuh dengan ditandai kehausan, namun tidak mendapat air

Pidah ketempat yang teduh dan beristirahat
Selain air, inilah cara mencegah dan mengobati Dehidrasi yang sangat dianjurkan

Pindah ketempat yang teduh dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran keringat dan juga mencegah kelelahan. Setelah berpindah ketempat yang teduh,segeralah beristiraha dengan cara memberingkan badan, ini akan mencegah kembali keluarnya energi yang lebih banyak dan dapat mencegah orang yang mengalami kelelahan tersebut pinsan.

Taruh kain basah pada bagian kulit tipis yang dapat mencegah kelembaban

Longgarkan baju untuk mencegah lebih banyak keringat

Sedikit catatan

Meminum air adalah cara terbaik untuk mengatasi dehidrasi (kekurangan air dalam tubuh), namun, air seperti apakah yang layak untuk menghilangkan dehidrasi? Semua air bisa menghilangkan dehidrasi, kecuali air danau, kolam, air gunung yang tidak diketahui asal-usulnya, apalagi air laut yang akan menambah rasa haus sobat.

Demikian pemabahasan mengenai mengatasi dehidrasi tanpa air.

Kesimpulan

Untuk mengatasi dehidrasi tanpa air dapat dilakukan dengan memakan buah-buahan, mengkonsumsi sayur-sayuran, dan membuat dan meminum Jus. Ada juga cara lain seperti pindah ketempat yang teduh dan berbaring, kain basaj pada kuliy tipis, dan melonggarkan baju hanya cara darurat dan yang harus dilakukan pertama kali jika dehidrasi terasa namun tidak ada air.


Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »